Loading...

Macam –Macam Pasar Output Menurut: Waktu, Jenis, dan Wilayah Pemasarannya

Advertisement

 1. Pasar Menurut Waktu


Menurut waktunya, pasar dapat digolongkan ke dalam beberapa bentuk seperti berikut.


a. Pasar harian


Macam –Macam Pasar Output Menurut : Waktu, Jenis, dan Wilayah Pemasarannya

Pasar harian adalah tempat pasar di mana pertemuan antara pembelidan penjual yang dapat dilakukan setiap hari. Pada pasar ini biasanya yang diperdagangkan barang barang kebutuhan konsumsi, kebutuhan produksi, kebutuhan bahan bahan mentah, dan kebutuhan jasa.


b. Pasar mingguan


Pasar mingguan adalah pasar dengan proses jual beli dilakukan setiap seminggu sekali. Biasanya pasar seperti ini terdapat di daerah yang masih jarang penduduk, seperti di pedesaan.


c. Pasar bulanan


Pasar bulanan adalah pasar yang diselenggarakan sebulan sekali, terdapat di daerah tertentu. Biasanya pembeli di pasar ini membeli barang tertentu yang kemudian akan dijual kembali, seperti pasar hewan.


d. Pasar tahunan


Macam –Macam Pasar Output Menurut : Waktu, Jenis, dan Wilayah Pemasarannya

Pasar tahunan adalah pasar yang dilakukan setiap satu tahun sekali. Biasanya bersifat nasional dan diperuntukkan bagi promosi terhadap suatu produk/barang baru. Misalnya, Pekan Raya Jakarta, Pameran Pembangunan, Pasar malam menjelang Hari Raya Idul fitri, dan lain lain.


2. Pasar Menurut Jenis


Menurut jenisnya pasar dibagi atas pasar konkret dan pasar abstrak.


a. Pasar konkret


Pasar konkret adalah suatu pasar tempat pembeli dan penjual bertemu secara langsung untuk mengadakan transaksi jual beli barang atau jasa.


b. Pasar abstrak


Macam –Macam Pasar Output Menurut : Waktu, Jenis, dan Wilayah Pemasarannya

Dalam pasar abstrak penjual dan pembeli dapat bertemu secara langsung atau tidak langsung, dan barang yang ditawarkannya pun hanya berupa contoh. Transaksi jual beli dapat dilakukan melalui alat komunikasi seperti, telepon, teleks, dan surat. Contoh dari pasar abstrak,di antaranya, pasar (bursa) surat berharga, saham, bursa valuta asing, pasar uang, dan pasar modal.



3. Pasar Menurut Wilayah Pemasarannya


Menurut luas pemasarannya, pasar dibagi ke dalam empat jenis pasar, yaitu sebagai berikut.


a. Pasal local


Pasar lokal adalah pasar yang menjual barang barang untuk kebutuhan masyarakat sekitar. Misalnya, pasar sayuran, pasar bunga, dan pasar ikan.


b. Pasar daerah


Macam –Macam Pasar Output Menurut : Waktu, Jenis, dan Wilayah Pemasarannya

Pasar daerah adalah pasar yang menjual hasil produksi pada daerah tertentu. Biasanya dalam pasar ini berkumpul para pedagang menengah yang melayani pedagang pedagang kecil atau eceran. Misalnya, pasar sepatu di Cibaduyut.


c. Pasar nasional


Pasar nasional adalah pasar yang memperdagangkan barang barang yang konsumennya meliputi seluruh wilayah negara. Misalnya, pasar modal, bursa efek, dan bursa tenaga kerja.


d. Pasar internasional


Macam –Macam Pasar Output Menurut : Waktu, Jenis, dan Wilayah Pemasarannya

Pasar internasional adalah pasar yang yang memperdagangkan barang barang yang konsumennya meliputi dunia internasional. Misalnya, pasar internasional karet di Singapura, pasar wol di Sidney, pasar kopi di Santos (Brazil), dan pasar gandum di Kanada.

Post a Comment

Mohon berkomentar secara bijak dengan bahasa yang sopan dan tidak keluar dari topik permasalahan dalam artikel ini. Dan jangan ikut sertakan link promosi dalam bentuk apapun.
Terimakasih.

emo-but-icon

Home item

Recent Posts