Macam –Macam Pasar Output Menurut: Waktu, Jenis, dan Wilayah Pemasarannya
1. Pasar Menurut Waktu
Menurut waktunya, pasar dapat digolongkan ke dalam beberapa bentuk seperti berikut.
a. Pasar harian
Pasar harian adalah tempat pasar di mana pertemuan antara pembelidan penjual yang dapat dilakukan setiap hari. Pada pasar ini biasanya yang diperdagangkan barang –barang kebutuhan konsumsi, kebutuhan produksi, kebutuhan bahan –bahan mentah, dan kebutuhan jasa.
b. Pasar mingguan
Pasar mingguan adalah pasar dengan proses jual beli dilakukan setiap seminggu sekali. Biasanya pasar seperti ini terdapat di daerah yang masih jarang penduduk, seperti di pedesaan.
c. Pasar bulanan
Pasar bulanan adalah pasar yang diselenggarakan sebulan sekali, terdapat di daerah tertentu. Biasanya pembeli di pasar ini membeli barang tertentu yang kemudian akan dijual kembali, seperti pasar hewan.
d. Pasar tahunan
Pasar tahunan adalah pasar yang dilakukan setiap satu tahun sekali. Biasanya bersifat nasional dan diperuntukkan bagi promosi terhadap suatu produk/barang baru. Misalnya, Pekan Raya Jakarta, Pameran Pembangunan, Pasar malam menjelang Hari Raya Idul fitri, dan lain –lain.
2. Pasar Menurut Jenis
Menurut jenisnya pasar dibagi atas pasar konkret dan pasar abstrak.
a. Pasar konkret
Pasar konkret adalah suatu pasar tempat pembeli dan penjual bertemu secara langsung untuk mengadakan transaksi jual beli barang atau jasa.
b. Pasar abstrak
Dalam pasar abstrak penjual dan pembeli dapat bertemu secara langsung atau tidak langsung, dan barang yang ditawarkannya pun hanya berupa contoh. Transaksi jual beli dapat dilakukan melalui alat komunikasi seperti, telepon, teleks, dan surat. Contoh dari pasar abstrak,di antaranya, pasar (bursa) surat berharga, saham, bursa valuta asing, pasar uang, dan pasar modal.
3. Pasar Menurut Wilayah Pemasarannya
Menurut luas pemasarannya, pasar dibagi ke dalam empat jenis pasar, yaitu sebagai berikut.
a. Pasal local
Pasar lokal adalah pasar yang menjual barang –barang untuk kebutuhan masyarakat sekitar. Misalnya, pasar sayuran, pasar bunga, dan pasar ikan.
b. Pasar daerah
Pasar daerah adalah pasar yang menjual hasil produksi pada daerah tertentu. Biasanya dalam pasar ini berkumpul para pedagang menengah yang melayani pedagang –pedagang kecil atau eceran. Misalnya, pasar sepatu di Cibaduyut.
c. Pasar nasional
Pasar nasional adalah pasar yang memperdagangkan barang –barang yang konsumennya meliputi seluruh wilayah negara. Misalnya, pasar modal, bursa efek, dan bursa tenaga kerja.
d. Pasar internasional
Pasar internasional adalah pasar yang yang memperdagangkan barang –barang yang konsumennya meliputi dunia internasional. Misalnya, pasar internasional karet di Singapura, pasar wol di Sidney, pasar kopi di Santos (Brazil), dan pasar gandum di Kanada.